Ice Breaking 1: "Fakta atau Mitos?"
Tujuan:
Mencairkan suasana dan membuat siswa lebih fokus.
Langkah-langkah:
- Guru menyebutkan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari, misalnya:
- "Semua perubahan sosial terjadi karena teknologi."
- "Perubahan sosial selalu membawa dampak positif."
- "Perubahan sosial tidak dapat diprediksi."
- Siswa diminta untuk berdiri jika mereka menganggap pernyataan tersebut fakta, dan duduk jika mereka menganggapnya mitos.
- Setelah setiap pernyataan, guru memberikan penjelasan singkat tentang kebenaran pernyataan tersebut.
Ice Breaking 2: "Tebak Kata"
Tujuan:
Membangun kerja sama dan konsentrasi siswa.
Langkah-langkah:
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil.
- Setiap kelompok diberikan beberapa kata kunci yang berkaitan dengan perubahan sosial, misalnya: "inovasi", "tradisi", "globalisasi", "teknologi", dll.
- Satu siswa dari setiap kelompok harus menjelaskan kata tersebut tanpa menyebutkan kata itu sendiri, sementara anggota kelompok lainnya menebak.
- Berikan batas waktu sekitar 1 menit untuk setiap kata.
Ice Breaking 3: "Cerita Berantai"
Tujuan:
Melatih kreativitas dan kemampuan mendengarkan siswa.
Langkah-langkah:
- Guru memulai dengan kalimat pembuka yang berkaitan dengan perubahan sosial, misalnya: "Di sebuah desa kecil, ada perubahan besar yang terjadi ketika..."
- Siswa secara bergantian melanjutkan cerita dengan menambahkan satu kalimat setiap kali.
- Cerita harus tetap relevan dengan topik perubahan sosial.
- Lanjutkan hingga semua siswa mendapatkan giliran atau hingga cerita mencapai akhir yang logis.
Ice Breaking 4: "Pertanyaan Cepat"
Tujuan:
Membangkitkan antusiasme dan kesiapan siswa.
Langkah-langkah:
- Guru menyiapkan beberapa pertanyaan cepat yang mudah dan menyenangkan, misalnya:
- "Apa yang lebih kamu pilih, perubahan cepat atau lambat?"
- "Menurutmu, apakah perubahan sosial lebih banyak terjadi di kota atau di desa?"
- "Apa yang lebih penting, teknologi atau tradisi?"
- Siswa harus menjawab dengan cepat dan tanpa berpikir panjang.
- Guru bisa memberikan komentar singkat atau melanjutkan ke pertanyaan berikutnya untuk menjaga ritme tetap cepat.
PERNYATAAN UNTUK DITANGGAPI SISWA
Kontak dengan kebudayaan lain
- Pernyataan: "Pengaruh budaya asing selalu membawa dampak positif bagi kemajuan masyarakat kita."
- Setuju/Tidak Setuju?
Sistem pendidikan formal yang maju
- Pernyataan: "Sistem pendidikan formal yang maju hanya menguntungkan negara-negara kaya."
- Setuju/Tidak Setuju?
Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju
- Pernyataan: "Terlalu fokus pada penghargaan individu dapat mengabaikan kerja sama tim yang penting."
- Setuju/Tidak Setuju?
Toleransi terhadap perbuatan menyimpang
- Pernyataan: "Toleransi terhadap perbuatan menyimpang dapat merusak nilai-nilai tradisional yang ada."
- Setuju/Tidak Setuju?
Sistem pelapisan masyarakat yang terbuka
- Pernyataan: "Sistem pelapisan masyarakat yang terbuka menyebabkan ketidakstabilan sosial."
- Setuju/Tidak Setuju?
Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang kehidupan tertentu
- Pernyataan: "Ketidakpuasan masyarakat seharusnya tidak menjadi alasan untuk melakukan protes besar-besaran."
- Setuju/Tidak Setuju?
Orientasi masa depan
- Pernyataan: "Fokus pada masa depan mengabaikan pentingnya menjaga warisan budaya."
- Setuju/Tidak Setuju?
Penduduk yang heterogen
- Pernyataan: "Keberagaman penduduk lebih sering menyebabkan konflik daripada kemajuan."
- Setuju/Tidak Setuju?
Faktor Penghambat Perubahan Sosial
Kurangnya hubungan dengan masyarakat luar
- Pernyataan: "Mengisolasi diri dari pengaruh luar dapat melindungi identitas budaya suatu bangsa."
- Setuju/Tidak Setuju?
Perkembangan ilmu pengetahuan yang terhambat
- Pernyataan: "Tidak semua negara memerlukan perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat untuk maju."
- Setuju/Tidak Setuju?
Sikap yang tradisional
- Pernyataan: "Mempertahankan sikap tradisional adalah kunci untuk menjaga keharmonisan masyarakat."
- Setuju/Tidak Setuju?
Adanya kepentingan pribadi (vested interest)
- Pernyataan: "Kepentingan pribadi sering kali lebih penting daripada kepentingan masyarakat luas."
- Setuju/Tidak Setuju?
Rasa takut akan terjadi kegoncangan
- Pernyataan: "Rasa takut akan perubahan sering kali beralasan dan harus dipertimbangkan."
- Setuju/Tidak Setuju?
Prasangka terhadap hal-hal baru
- Pernyataan: "Prasangka terhadap hal-hal baru adalah cara yang efektif untuk melindungi masyarakat dari ancaman."
- Setuju/Tidak Setuju?
Hambatan ideologi
- Pernyataan: "Ideologi yang kuat adalah fondasi penting untuk menjaga stabilitas dan identitas negara."
- Setuju/Tidak Setuju?
Kebiasaan negatif
- Pernyataan: "Beberapa kebiasaan negatif tidak selalu perlu diubah karena sudah menjadi bagian dari budaya."
- Setuju/Tidak Setuju?
Pasrah dalam hidup
- Pernyataan: "Sikap pasrah adalah bentuk penerimaan yang bijaksana terhadap kondisi hidup yang sulit diubah."
- Setuju/Tidak Setuju
0 komentar:
Posting Komentar