Sintak Pembelajaran Numbered Heads Together
Pembukaan:
- Guru menyapa siswa dan mengabsen kehadiran.
- Guru menyebutkan materi pembelajaran hari ini, yaitu tentang hakikat sosiologi.
- Guru menyebutkan garis besar kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Pembentukan Kelompok:
- Guru mengelompokkan siswa atau menggunakan kelompok yang sudah terbentuk. Setiap kelompok terdiri dari 5 atau 6 siswa.
- Setiap siswa di dalam kelompok diberi nomor sesuai dengan jumlah siswa dalam kelompok (misalnya, 1 hingga 5 atau 1 hingga 6).
- Guru memastikan bahwa setiap siswa mengingat nomornya masing-masing.
Penyampaian Materi:
- Guru memberikan sedikit penjelasan tentang hakikat sosiologi.
- Guru menyebutkan kata-kata kunci yang perlu dicari penjelasannya oleh siswa dalam kelompok, yaitu: Bertujuan menghasilkan kesimpulan umum, ilmu sosial, abstrak, rasional, murni, umum, dan kategoris.
Diskusi Kelompok:
- Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok mereka dan mencari penjelasan dari kata-kata kunci tersebut.
- Siswa bekerja sama untuk menelaah dan mengumpulkan hasil temuan mereka.
Pemanggilan Nomor Acak:
- Guru memanggil nomor acak. Siswa dengan nomor yang dipanggil harus memberikan jawaban hasil diskusi kelompok mereka.
- Siswa yang dipanggil berbicara mewakili kelompok mereka dan menyampaikan penjelasan yang telah mereka diskusikan.
Koreksi dan Penekanan:
- Guru memberikan koreksi terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa.
- Guru memberikan penekanan terhadap poin-poin penting dari materi yang dibahas.
Ice Breaking:
- Guru mengadakan permainan ice breaking untuk menyegarkan suasana sebelum siswa mengerjakan LKPD. Salah satu contoh ice breaking yang sederhana adalah "Tebak Kata."
- Guru menyiapkan beberapa kata yang berkaitan dengan sosiologi dan menulisnya di kertas kecil.
- Guru membagi siswa menjadi dua kelompok besar.
- Seorang siswa dari kelompok pertama maju ke depan dan mengambil satu kertas, kemudian mencoba menjelaskan kata tersebut tanpa menyebutkan kata itu secara langsung.
- Kelompoknya mencoba menebak kata yang dimaksud. Jika berhasil, kelompok mendapatkan poin.
- Gantian dengan kelompok kedua.
- Permainan ini berlangsung sekitar 5-10 menit.
- Guru mengadakan permainan ice breaking untuk menyegarkan suasana sebelum siswa mengerjakan LKPD. Salah satu contoh ice breaking yang sederhana adalah "Tebak Kata."
Penugasan:
- Siswa mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan materi yang telah dipelajari dan didiskusikan.
- Guru mengawasi dan memberikan bimbingan selama siswa mengerjakan LKPD.
Penutup:
- Guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari itu.
- Guru memberikan refleksi atau ulasan singkat tentang apa yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas atau penugasan rumah jika diperlukan.
- Guru menutup pembelajaran dengan salam dan motivasi.
RPP Sosiologi (sintak alternatif)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Fase : X / Fase E
Materi Pokok : Hakikat Sosiologi
Alokasi Waktu : 3 JP (3 × 45 menit = 135 menit)
Model/Metode : Problem Solving
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, murid diharapkan mampu:
-
Mengidentifikasi hakikat sosiologi sebagai ilmu (C1).
-
Menjelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan (C2).
-
Menerapkan pemahaman sosiologi dalam mengkaji masalah sosial di lingkungan sekolah (C3).
-
Menganalisis fenomena perundungan/geng eksklusif di kalangan SMA dengan perspektif sosiologi (C4).
-
Mengevaluasi dampak interaksi sosial yang gagal (C5).
-
Menciptakan solusi kreatif berupa program pencegahan masalah sosial di sekolah (C6).
B. Materi Pembelajaran
-
Hakikat sosiologi:
-
Ilmu sosial, bukan ilmu alam atau ilmu kerohanian.
-
Ilmu kategoris (membatasi pada apa yang terjadi).
-
Ilmu murni, bukan terapan.
-
Ilmu abstrak.
-
Ilmu rasional.
-
Ilmu umum.
-
-
Contoh masalah sosial di kalangan anak SMA: bullying, geng eksklusif, diskriminasi teman sebaya.
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
-
Guru memberi salam, doa, dan apersepsi.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Mengaitkan dengan pengalaman siswa: “Apakah kalian pernah melihat atau mendengar teman yang tidak mau bergaul karena perbedaan?”
Ice Breaking 1 (5 menit) – "Tebak Gerak Sosial"
-
Guru meminta satu siswa memperagakan gerakan sederhana (misalnya berjabat tangan, menolak, atau bergabung kelompok).
-
Siswa lain menebak apakah gerakan itu termasuk contoh interaksi sosial positif atau negatif.
-
Tujuannya mengaktifkan suasana dan menghubungkan ke topik.
Kegiatan Inti (100 menit)
Sintaks Problem Solving
-
Identifikasi Masalah (20 menit)
-
Guru menampilkan studi kasus: bullying/geng eksklusif di sekolah.
-
Diskusi kelas: Apa masalah sosial yang terjadi?
-
Murid menuliskan jawaban awal.
-
-
Analisis Masalah (25 menit)
-
Murid bekerja dalam kelompok kecil (3–4 orang).
-
Menghubungkan kasus dengan hakikat sosiologi:
-
Apakah sosiologi menilai baik-buruk kasus tersebut?
-
Mengapa sosiologi disebut ilmu kategoris dalam melihat fenomena itu?
-
-
Ice Breaking 2 (5 menit) – "Kalau Aku Jadi…"
-
Guru memberi pernyataan: “Kalau aku jadi korban bullying, aku akan …”
-
Murid menyambung secara bergantian.
-
Tujuannya melatih empati dan kreativitas, sekaligus mencairkan suasana sebelum lanjut analisis.
-
Pengajuan Alternatif Solusi (25 menit)
-
Kelompok membuat ide program sekolah untuk mencegah bullying (misalnya peer counseling, kelompok belajar lintas kelas).
-
Masing-masing kelompok menuliskan dalam kertas plano/slide sederhana.
-
-
Pemilihan Solusi Terbaik (25 menit)
-
Presentasi kelompok (masing-masing 5 menit).
-
Kelas memberi masukan dan memilih program yang paling relevan.
-
Ice Breaking 3 (5 menit) – "Yel-Yel Sosiologi"
-
Guru minta setiap kelompok membuat yel singkat tentang “Sosiologi” dalam 1 menit.
-
Mereka meneriakkan yel bersama-sama.
-
Tujuannya menjaga semangat menjelang akhir pembelajaran.
Penutup (20 menit)
-
Guru bersama siswa menyimpulkan: hakikat sosiologi dan manfaatnya dalam memahami masalah sosial.
-
Refleksi: siswa menuliskan satu kalimat tentang manfaat belajar sosiologi dalam kehidupan sekolah.
-
Guru memberi tugas rumah: buat esai singkat tentang masalah sosial di lingkungan sekitar dan analisis dengan ciri-ciri sosiologi.
D. Penilaian
-
Sikap: partisipasi diskusi, menghargai pendapat.
-
Pengetahuan: soal LKPD (PG & uraian berbasis kasus).
-
Keterampilan: presentasi program solusi kreatif.
0 komentar:
Posting Komentar