Sintaks II Pembelajaran
(model cerita berantai)
1. Tujuan Pembelajaran
- Siswa
dapat menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi dari pemikiran sebelum
Comte hingga perkembangan pasca Comte.
- Siswa
dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh penting dan konsep-konsep utama dalam
sejarah perkembangan sosiologi.
- Siswa
dapat bekerja sama dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
interaktif.
2. Persiapan
- Tidak
membutuhkan alat atau bahan khusus.
- Atur
tempat duduk siswa dalam lingkaran atau barisan agar setiap siswa dapat
melihat satu sama lain.
A.
Pendahuluan (10 menit)
- Salam dan Pembukaan
- Guru memberi salam
dan mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
- Apersepsi
- Guru mengajukan
pertanyaan pemantik: “Siapa yang tahu siapa tokoh pertama yang
menggunakan istilah sosiologi?”
- Guru menjelaskan
secara singkat materi yang akan dipelajari: sejarah perkembangan
sosiologi, tokoh-tokoh penting, dan konsep-konsep utama.
- Ice Breaking:
"Fakta Menarik" (5 menit)
- Setiap siswa
menyebutkan satu fakta menarik tentang diri mereka yang tidak diketahui
oleh teman sekelas mereka. Misalnya, "Saya pernah bepergian ke tiga
negara berbeda" atau "Saya bisa memainkan alat musik."
- Aktivitas ini
membantu siswa merasa lebih akrab dan menciptakan suasana kelas yang
nyaman.
B.
Kegiatan Inti (90 menit)
- Menulis dan Membaca
Materi (20 menit)
- Guru memberikan
sumber materi berkaitan dengan sejarah perkembangan sosiologi pra-Comte,
era Comte, dan pasca-Comte.
- Siswa mencatat dan
menelaah sumber materi tersebut.
- Permainan "Cerita
Berantai" (60 menit)
- Guru menjelaskan
aturan permainan kepada siswa.
- Guru menomori siswa
dan siswa harus mengingat nomornya masing-masing.
- Guru memulai cerita
dengan kalimat pembuka yang terkait dengan topik. Misalnya, "Di
zaman dahulu, sebelum ilmu sosiologi lahir, ada seorang filsuf bernama
Plato yang mengatakan bahwa masyarakat adalah refleksi dari manusia
perseorangan."
- Siswa bergiliran
dengan cara ditunjuk acak dengan menyebutkan nomor siswa. Siswa yang
disebut nomornya menambahkan kalimat yang melanjutkan cerita, memperkenalkan
tokoh atau konsep baru yang terkait dengan sejarah perkembangan
sosiologi.
- Siswa yang tidak bisa
bercerita dalam waktu 5 detik diberi sanksi tertentu.
- Guru memfasilitasi
dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
- Diskusi dan Refleksi
(10 menit)
- Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikan cerita yang telah mereka buat, mengklarifikasi dan
menegaskan kembali poin-poin penting.
- Siswa merefleksikan
apa yang telah mereka pelajari dari permainan tersebut.
C.
Penutup (20 menit)
- Penguatan Materi
- Guru memberikan
ringkasan tentang sejarah perkembangan sosiologi.
- Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
- Penugasan
- Guru memberikan tugas
individu berupa esai singkat tentang salah satu tokoh dalam sejarah
perkembangan sosiologi dan kontribusinya.
- Guru menjelaskan
tugas yang harus diselesaikan di rumah.
- Penutup
- Guru menutup
pelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa.
- Guru mengucapkan
terima kasih dan salam penutup.
0 komentar:
Posting Komentar