SINTAK II Sejarah Perkembangan Sosiolog.

 


Sintaks II Pembelajaran (model cerita berantai)

1. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan sosiologi dari pemikiran sebelum Comte hingga perkembangan pasca Comte.
  • Siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh penting dan konsep-konsep utama dalam sejarah perkembangan sosiologi.
  • Siswa dapat bekerja sama dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran interaktif.

2. Persiapan

  • Tidak membutuhkan alat atau bahan khusus.
  • Atur tempat duduk siswa dalam lingkaran atau barisan agar setiap siswa dapat melihat satu sama lain.

A. Pendahuluan (10 menit)

  1. Salam dan Pembukaan
    • Guru memberi salam dan mengecek kehadiran siswa.
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
  2. Apersepsi
    • Guru mengajukan pertanyaan pemantik: “Siapa yang tahu siapa tokoh pertama yang menggunakan istilah sosiologi?”
    • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari: sejarah perkembangan sosiologi, tokoh-tokoh penting, dan konsep-konsep utama.
  3. Ice Breaking: "Fakta Menarik" (5 menit)
    • Setiap siswa menyebutkan satu fakta menarik tentang diri mereka yang tidak diketahui oleh teman sekelas mereka. Misalnya, "Saya pernah bepergian ke tiga negara berbeda" atau "Saya bisa memainkan alat musik."
    • Aktivitas ini membantu siswa merasa lebih akrab dan menciptakan suasana kelas yang nyaman.

B. Kegiatan Inti (90 menit)

  1. Menulis dan Membaca Materi (20 menit)
    • Guru memberikan sumber materi berkaitan dengan sejarah perkembangan sosiologi pra-Comte, era Comte, dan pasca-Comte.
    • Siswa mencatat dan menelaah sumber materi tersebut.
  2. Permainan "Cerita Berantai" (60 menit)
    • Guru menjelaskan aturan permainan kepada siswa.
    • Guru menomori siswa dan siswa harus mengingat nomornya masing-masing.
    • Guru memulai cerita dengan kalimat pembuka yang terkait dengan topik. Misalnya, "Di zaman dahulu, sebelum ilmu sosiologi lahir, ada seorang filsuf bernama Plato yang mengatakan bahwa masyarakat adalah refleksi dari manusia perseorangan."
    • Siswa bergiliran dengan cara ditunjuk acak dengan menyebutkan nomor siswa. Siswa yang disebut nomornya menambahkan kalimat yang melanjutkan cerita, memperkenalkan tokoh atau konsep baru yang terkait dengan sejarah perkembangan sosiologi.
    • Siswa yang tidak bisa bercerita dalam waktu 5 detik diberi sanksi tertentu.
    • Guru memfasilitasi dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
  3. Diskusi dan Refleksi (10 menit)
    • Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan cerita yang telah mereka buat, mengklarifikasi dan menegaskan kembali poin-poin penting.
    • Siswa merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dari permainan tersebut.

C. Penutup (20 menit)

  1. Penguatan Materi
    • Guru memberikan ringkasan tentang sejarah perkembangan sosiologi.
    • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
  2. Penugasan
    • Guru memberikan tugas individu berupa esai singkat tentang salah satu tokoh dalam sejarah perkembangan sosiologi dan kontribusinya.
    • Guru menjelaskan tugas yang harus diselesaikan di rumah.
  3. Penutup
    • Guru menutup pelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa.
    • Guru mengucapkan terima kasih dan salam penutup.


0 komentar: