SINTAK I KELOMPOK SOSIAL (DEFINISI DAN SYARAT KELOMPOK)

 

1. Persiapan (Preparation)

  • Tujuan Pembelajaran:
    • Siswa dapat memahami dan menjelaskan definisi kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto, Robert K. Merton, Paul B. Horton, Mac Iver & Charles H. Page, Emile Durkheim, dan Max Weber.
    • Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan syarat-syarat sebuah himpunan manusia bisa disebut sebagai kelompok sosial.
  • Bahan dan Alat:
    • Teks materi tentang definisi kelompok sosial dari keenam tokoh.
    • Kertas dan alat tulis.
    • Papan tulis atau proyektor untuk presentasi.
  • Pembagian Kelompok:
    • Siswa dibagi menjadi 6 kelompok asal, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
    • Setiap siswa dalam kelompok asal diberi nomor (misalnya, 1 hingga 6).

2. Langkah-langkah Pembelajaran

a. Tahap 1: Orientasi (Orientation)
  • Pengantar oleh Guru (10 menit)
    • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
    • Guru memperkenalkan model pembelajaran Jigsaw dan menjelaskan langkah-langkahnya.
b. Tahap 2: Ice Breaking (Ice Breaking Activity)
  • Aktivitas Ice Breaking (10 menit)
    • Permainan "Berbagi Fakta Menarik":
      • Setiap siswa menuliskan satu fakta menarik tentang diri mereka di selembar kertas (tanpa mencantumkan nama).
      • Guru mengumpulkan dan mengacak kertas-kertas tersebut.
      • Guru membacakan satu per satu fakta menarik tersebut dan siswa menebak siapa pemilik fakta tersebut.
      • Aktivitas ini membantu siswa merasa lebih nyaman dan membangun semangat kolaborasi.
c. Tahap 3: Pembagian Materi (Division of Materials)
  • Pembagian Tugas (5 menit)
    • Setiap kelompok asal diberi satu definisi dari seorang tokoh sosiologi untuk dipelajari:
      • Kelompok 1: Soerjono Soekanto
      • Kelompok 2: Robert K. Merton
      • Kelompok 3: Paul B. Horton
      • Kelompok 4: Mac Iver dan Charles H. Page
      • Kelompok 5: Emile Durkheim
      • Kelompok 6: Max Weber
    • Guru memberikan teks materi yang sesuai kepada setiap kelompok asal.
d. Tahap 4: Kelompok Ahli (Expert Groups)
  • Studi Individual dan Diskusi Kelompok Ahli (20 menit)
    • Anggota dari setiap kelompok asal dengan nomor yang sama (misalnya, semua siswa nomor 1 dari setiap kelompok) berkumpul untuk membentuk kelompok ahli.
    • Setiap kelompok ahli mendiskusikan dan mempelajari definisi dari tokoh sosiologi yang telah ditentukan secara mendalam.
e. Tahap 5: Diskusi Kelompok Asal (Home Groups Discussion)
  • Pembelajaran Tim (30 menit)
    • Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal mereka.
    • Setiap anggota kelompok asal mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada anggota kelompok lainnya.
    • Diskusi dalam kelompok asal untuk memastikan semua anggota memahami semua definisi.
f. Tahap 6: Diskusi Kelas (Class Discussion)
  • Presentasi dan Diskusi Kelas (20 menit)
    • Perwakilan dari setiap kelompok asal mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada seluruh kelas.
    • Guru memfasilitasi diskusi kelas untuk merangkum definisi kelompok sosial dan syarat-syaratnya, serta memperjelas pemahaman siswa.
g. Tahap 7: Evaluasi (Evaluation)
  • Tes atau Kuis Singkat (15 menit)
    • Siswa mengerjakan tes atau kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang definisi kelompok sosial menurut setiap tokoh dan syarat-syarat kelompok sosial.
h. Tahap 8: Penutup (Closure)
  • Penutup oleh Guru (10 menit)
    • Guru memberikan umpan balik atas hasil presentasi dan diskusi.
    • Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
    • Guru memberikan tugas tambahan atau refleksi jika diperlukan.

0 komentar: