1. Persiapan (Preparation)
- Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat memahami dan menjelaskan definisi kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto, Robert K. Merton, Paul B. Horton, Mac Iver & Charles H. Page, Emile Durkheim, dan Max Weber.
- Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan syarat-syarat sebuah himpunan manusia bisa disebut sebagai kelompok sosial.
- Bahan dan Alat:
- Teks materi tentang definisi kelompok sosial dari keenam tokoh.
- Kertas dan alat tulis.
- Papan tulis atau proyektor untuk presentasi.
- Pembagian Kelompok:
- Siswa dibagi menjadi 6 kelompok asal, masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
- Setiap siswa dalam kelompok asal diberi nomor (misalnya, 1 hingga 6).
2. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Tahap 1: Orientasi (Orientation)
- Pengantar oleh Guru (10 menit)
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari.
- Guru memperkenalkan model pembelajaran Jigsaw dan menjelaskan langkah-langkahnya.
b. Tahap 2: Ice Breaking (Ice Breaking Activity)
- Aktivitas Ice Breaking (10 menit)
- Permainan "Berbagi Fakta Menarik":
- Setiap siswa menuliskan satu fakta menarik tentang diri mereka di selembar kertas (tanpa mencantumkan nama).
- Guru mengumpulkan dan mengacak kertas-kertas tersebut.
- Guru membacakan satu per satu fakta menarik tersebut dan siswa menebak siapa pemilik fakta tersebut.
- Aktivitas ini membantu siswa merasa lebih nyaman dan membangun semangat kolaborasi.
- Permainan "Berbagi Fakta Menarik":
c. Tahap 3: Pembagian Materi (Division of Materials)
- Pembagian Tugas (5 menit)
- Setiap kelompok asal diberi satu definisi dari seorang tokoh sosiologi untuk dipelajari:
- Kelompok 1: Soerjono Soekanto
- Kelompok 2: Robert K. Merton
- Kelompok 3: Paul B. Horton
- Kelompok 4: Mac Iver dan Charles H. Page
- Kelompok 5: Emile Durkheim
- Kelompok 6: Max Weber
- Guru memberikan teks materi yang sesuai kepada setiap kelompok asal.
- Setiap kelompok asal diberi satu definisi dari seorang tokoh sosiologi untuk dipelajari:
d. Tahap 4: Kelompok Ahli (Expert Groups)
- Studi Individual dan Diskusi Kelompok Ahli (20 menit)
- Anggota dari setiap kelompok asal dengan nomor yang sama (misalnya, semua siswa nomor 1 dari setiap kelompok) berkumpul untuk membentuk kelompok ahli.
- Setiap kelompok ahli mendiskusikan dan mempelajari definisi dari tokoh sosiologi yang telah ditentukan secara mendalam.
e. Tahap 5: Diskusi Kelompok Asal (Home Groups Discussion)
- Pembelajaran Tim (30 menit)
- Anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal mereka.
- Setiap anggota kelompok asal mengajarkan materi yang telah dipelajari kepada anggota kelompok lainnya.
- Diskusi dalam kelompok asal untuk memastikan semua anggota memahami semua definisi.
f. Tahap 6: Diskusi Kelas (Class Discussion)
- Presentasi dan Diskusi Kelas (20 menit)
- Perwakilan dari setiap kelompok asal mempresentasikan hasil diskusi mereka kepada seluruh kelas.
- Guru memfasilitasi diskusi kelas untuk merangkum definisi kelompok sosial dan syarat-syaratnya, serta memperjelas pemahaman siswa.
g. Tahap 7: Evaluasi (Evaluation)
- Tes atau Kuis Singkat (15 menit)
- Siswa mengerjakan tes atau kuis singkat yang mencakup pertanyaan tentang definisi kelompok sosial menurut setiap tokoh dan syarat-syarat kelompok sosial.
h. Tahap 8: Penutup (Closure)
- Penutup oleh Guru (10 menit)
- Guru memberikan umpan balik atas hasil presentasi dan diskusi.
- Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas tambahan atau refleksi jika diperlukan.
0 komentar:
Posting Komentar