LKPD III Hakikat Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan.

 

LKPF PG

1.    Sosiologi merupakan ilmu sosial yang mempelajari tentang:

A.    Fenomena alam

B.     Hubungan antar manusia dan struktur sosial dalam masyarakat

C.     Aspek-aspek spiritual

D.    Teknik-teknik medis

E.     Pengolahan data statistik

2.    Sosiologi termasuk ilmu yang kategoris karena:

A.    Memfokuskan pada penerapan praktis dalam masyarakat

B.     Menilai baik atau buruknya suatu fakta sosial

C.     Membatasi pembahasan pada apa yang sedang terjadi dalam masyarakat

D.    Mengembangkan dan meningkatkan mutu pengetahuan tanpa harus diterapkan

E.     Menyusun panduan moral dan etika bagi masyarakat

3.    Mengapa sosiologi dianggap sebagai ilmu pengetahuan murni dan bukan ilmu pengetahuan terapan?

A.    Karena sosiologi hanya mempelajari fenomena alam

B.     Karena sosiologi tidak memerlukan penelitian empiris

C.     Karena sosiologi bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan tanpa langsung diterapkan   dalam masyarakat

D.    Karena sosiologi menilai baik atau buruknya suatu fakta sosial

E.     Karena sosiologi fokus pada aspek-aspek spiritual

4.    Bagaimana pendekatan sosiologi yang kategoris mempengaruhi cara peneliti sosiologi menganalisis   masyarakat?

A.    Peneliti sosiologi hanya fokus pada permasalahan moral dan etika dalam masyarakat

B.     Peneliti sosiologi mengabaikan data empiris dan fokus pada teori

C.    Peneliti sosiologi menganalisis apa yang sedang terjadi tanpa menilai baik atau buruknya f  enomena tersebut

D.    Peneliti sosiologi selalu mencari solusi praktis untuk diterapkan dalam masyarakat

E.     Peneliti sosiologi berusaha meramalkan kejadian di masa depan berdasarkan analisis saat ini

5.  Bagaimana pendekatan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan murni dan bebas nilai dapat mempengaruhi kebijakan publik dalam masyarakat?

A.    Kebijakan publik akan sepenuhnya didasarkan pada teori-teori sosiologi tanpa mempertimbangkan dampak praktisnya.

B.     Kebijakan publik akan fokus pada penerapan langsung pengetahuan sosiologi untuk memecahkan masalah sosial.

C.     Kebijakan publik akan dikembangkan berdasarkan analisis objektif dari fakta-fakta sosial tanpa  bias nilai.

D.    Kebijakan publik akan mengabaikan penelitian sosiologi karena tidak memberikan solusi  praktis.

E.     Kebijakan publik akan lebih menekankan pada aspek spiritual dan moral dalam pengambilan keputusan.

6.    Sosiologi dikatakan sebagai ilmu pengetahuan yang abstrak karena...

A.    mempelajari objek fisik yang konkret dalam masyarakat

B.     mengamati bentuk dan pola yang terjadi dalam masyarakat

C.     tidak menggunakan metode ilmiah dalam penelitiannya

D.    berfokus pada studi kasus individual dalam masyarakat

E.     tidak mempelajari interaksi sosial

7.    Mengapa sosiologi dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan umum?

A.    Karena sosiologi mempelajari fenomena umum yang terjadi pada masyarakat

B.     Karena sosiologi hanya fokus pada satu kelompok masyarakat tertentu

C.     Karena sosiologi tidak menggunakan data empiris dalam penelitiannya

D.    Karena sosiologi berlawanan dengan akal sehat dan kenyataan yang ada

E.     Karena sosiologi mengabaikan interaksi sosial dalam penelitiannya

8.    Seorang sosiolog mengamati interaksi antara kelompok remaja di sebuah taman kota untuk memahami pola sosialisasi mereka. Pendekatan apa yang sesuai dengan karakteristik sosiologi sebagai ilmu pengetahuan umum dalam penelitian ini?

A.    Fokus pada interaksi individu tertentu

B.     Menganalisis hubungan antara variabel ekonomi dan politik

C.     Mengkaji pola interaksi umum yang terjadi dalam kelompok remaja tersebut

D.    Menyelidiki pengaruh teknologi terhadap perilaku individu tertentu

E.     Memusatkan perhatian pada perubahan perilaku seorang pemimpin kelompok

9.    Sosiologi adalah ilmu tentang masyarakat, namun sosiologi bukanlah ilmu yang membahas tentang apa yang seharusnya terjadi di masyarakat, dengan kata lain sosiologi bersifat netral, hal ini sesuai dengan sifat dan hakikat sosiologi yaitu ...(HAKIKAT SOSIOLOGI)

A.    Kategoris

B.     Normatif

C.     Sosial

D.    Umum

E.     rasional

10.              Kenakalan remaja semakin meresahkan masyarakat. Beberapa fasilitas umum tidak berfungsi akibat ulah mereka. Melihat hal ini pemerintah kota bekerjasama dengan lembaga penelitian sosial mengadakan studi guna menangani masalah ini. Para peneliti menggunakan bantuan Sosiolog dalam menyusun penelitian ini. Dilihat dari tujuannya, pada kasus tersebut sosiologi dapat dikelompokkan ke dalam ... (HAKIKAT SOSIOLOGI)

A.    Ilmu pengetahuan

B.     Ilmu murni

C.     Humaniora

D.    Ilmu terapan

E.     Pure Science



LKPD Sosiologi

Kelas : X SMA

Materi : Hakikat Sosiologi

Metode : Problem Solving

Waktu : 2 x 45 menit


Petunjuk Pengerjaan

  1. Bacalah setiap pertanyaan dengan cermat.

  2. Diskusikan bersama kelompokmu (3–4 orang).

  3. Tulis jawabanmu pada kolom yang disediakan.

  4. Gunakan pengetahuan tentang hakikat sosiologi untuk menganalisis dan memecahkan masalah sosial di kalangan anak SMA.


Masalah Sosial

Di sebuah SMA, muncul fenomena geng pertemanan eksklusif. Geng ini hanya mau bergaul dengan teman yang memiliki status ekonomi sama, gaya berpakaian tertentu, atau prestasi akademik yang tinggi.

Mereka sering mengejek dan meremehkan siswa lain yang dianggap berbeda, misalnya:

  • Siswa dari keluarga sederhana yang tidak mampu membeli pakaian bermerek.

  • Siswa yang nilai akademiknya lebih rendah.

  • Siswa yang pendiam atau tidak mengikuti tren populer.

Akibatnya, beberapa siswa mengalami perundungan (bullying), baik berupa ejekan verbal, menjauhkan dari kelompok, hingga mengunggah konten ejekan di media sosial sekolah.

Pertanyaan LKPD (berdasarkan Taksonomi Bloom)

C1 – Mengingat (Remembering)

  1. Sebutkan 3 ciri hakikat sosiologi menurut penjelasan yang sudah dipelajari!


C2 – Memahami (Understanding)

  1. Jelaskan mengapa sosiologi disebut sebagai ilmu kategoris, bukan normatif!


C3 – Menerapkan (Applying)

  1. Berdasarkan kasus di atas, bagaimana cara menggunakan perspektif sosiologi untuk mengamati fenomena perundungan di sekolah?


C4 – Menganalisis (Analyzing)

  1. Identifikasi penyebab terjadinya perilaku perundungan di kalangan anak SMA berdasarkan gejala umum dalam masyarakat!


C5 – Mengevaluasi (Evaluating)

  1. Menurut pendapatmu, apakah fenomena perundungan bisa dianggap sebagai hasil interaksi sosial yang gagal? Berikan alasan sosiologisnya!


C6 – Mencipta (Creating)

  1. Buatlah sebuah solusi kreatif berupa program atau kegiatan sekolah yang dapat mencegah munculnya perilaku perundungan, dengan memanfaatkan prinsip sosiologi sebagai ilmu pengetahuan murni.


Refleksi

Tuliskan satu kalimat tentang apa manfaat belajar sosiologi dalam memahami masalah sosial di sekolahmu.


Apakah kamu mau saya buatkan juga rubrik penilaian (skor & indikator) untuk LKPD ini, supaya langsung bisa dipakai di kelas?

0 komentar: