liveworksheets.com
liveworksheets.com
Soal dan Aktivitas LKPD (klik Materi II Sejarah Perkembangan Sosiologi)
1. Mengingat (C1)
Sebutkan dua tokoh yang membahas masyarakat sebelum kelahiran sosiologi dan jelaskan secara singkat pandangannya!
2. Memahami (C2)
Jelaskan perbedaan perkembangan sosiologi pada masa sebelum Comte, masa Comte, dan pasca Comte!
3. Menerapkan (C3)
Berikan contoh fenomena sosial di masyarakat saat ini yang sesuai dengan pandangan Ibnu Khaldun tentang solidaritas!
4. Menganalisis (C4)
Bagaimana revolusi industri dan revolusi Perancis memengaruhi perkembangan sosiologi? Jelaskan hubungannya dengan perubahan sosial yang terjadi di Eropa!
5. Mengevaluasi (C5)
Menurut pendapat Anda, apakah pemikiran Auguste Comte tentang “fisika sosial” masih relevan untuk mempelajari masyarakat modern? Berikan alasan!
6. Mencipta (C6)
Buatlah peta konsep perkembangan sosiologi yang memuat:
-
Masa sebelum Comte (tokoh dan pemikiran)
-
Masa Comte (ciri dan kontribusi)
-
Masa pasca Comte (tokoh, metode, dan pengaruhnya)
Gunakan format diagram atau mind map di bawah ini atau di kertas terpisah.
D. Rubrik Penilaian Singkat
Level Bloom | Kriteria Penilaian | Skor Maks |
---|---|---|
C1–C2 | Jawaban benar, lengkap, sesuai materi | 20 |
C3 | Contoh relevan, sesuai konsep | 15 |
C4 | Analisis logis dan runtut | 20 |
C5 | Argumentasi kuat dan didukung alasan | 15 |
C6 | Kreatif, rapi, memuat seluruh unsur peta konsep | 30 |
LKPD Pilihan Ganda – Sosiologi Kelas X
Materi: Sejarah Perkembangan Sosiologi
Jumlah Soal: 10 butir
Bentuk: Pilihan Ganda (a–e)
Waktu: 30 menit
1. (C1 – Mengingat)
Tokoh yang berpendapat bahwa masyarakat adalah refleksi dari manusia perseorangan adalah …
a. Aristoteles
b. Plato
c. Ibnu Khaldun
d. Auguste Comte
e. Max Weber
2. (C1 – Mengingat)
Istilah “sosiologi” pertama kali digunakan oleh …
a. Emile Durkheim
b. Karl Marx
c. Max Weber
d. Auguste Comte
e. Herbert Spencer
3. (C2 – Memahami)
Perbedaan utama antara perkembangan sosiologi masa Comte dan pasca Comte adalah …
a. Pada masa Comte, sosiologi sudah bebas dari filsafat.
b. Pasca Comte, sosiologi masih dianggap bagian dari filsafat.
c. Pada masa Comte, metode sosiologi sudah sepenuhnya ilmiah.
d. Pasca Comte, sosiologi mulai menggunakan metode ilmiah yang lebih sistematis.
e. Pada masa Comte, sudah ada teori konflik.
4. (C2 – Memahami)
Menurut Ibnu Khaldun, yang menjadi faktor pengikat utama masyarakat dalam suku atau negara adalah …
a. Kelas sosial
b. Solidaritas
c. Ekonomi
d. Kekuasaan
e. Budaya
5. (C3 – Menerapkan)
Jika suatu desa mengadakan gotong royong membangun jembatan, fenomena ini sesuai dengan pemikiran …
a. Plato tentang refleksi individu
b. Auguste Comte tentang fisika sosial
c. Ibnu Khaldun tentang solidaritas
d. Weber tentang etika protestan
e. Marx tentang perjuangan kelas
6. (C3 – Menerapkan)
Seorang siswa membaca pemikiran Auguste Comte tentang “fisika sosial” yang mengadopsi metode ilmu alam. Ia kemudian mencoba mengamati perilaku masyarakat di pasar menggunakan metode observasi seperti penelitian ilmiah. Contoh ini menunjukkan penerapan konsep dari tokoh …
a. Plato
b. Ibnu Khaldun
c. Auguste Comte
d. Max Weber
e. Emile Durkheim
7. (C4 – Menganalisis)
Dampak revolusi industri terhadap perkembangan sosiologi antara lain adalah …
a. Meningkatnya solidaritas tradisional
b. Perubahan struktur sosial akibat urbanisasi dan industrialisasi
c. Munculnya sistem kasta yang ketat
d. Berkurangnya peran teknologi dalam masyarakat
e. Menghilangnya konflik sosial
8. (C4 – Menganalisis)
Mengapa revolusi Perancis dianggap memengaruhi kelahiran sosiologi?
a. Karena menghasilkan banyak teori filsafat
b. Karena mendorong perubahan tatanan politik dan sosial secara drastis
c. Karena menghapuskan ilmu pengetahuan
d. Karena menguatkan feodalisme
e. Karena menghapus solidaritas
9. (C5 – Mengevaluasi)
Menurut Anda, kelemahan utama pendekatan Auguste Comte yang menyamakan sosiologi dengan fisika sosial adalah …
a. Tidak ada hubungannya dengan ilmu alam
b. Mengabaikan perbedaan antara gejala sosial dan gejala alam
c. Terlalu fokus pada aspek budaya
d. Tidak memasukkan faktor ekonomi
e. Menghilangkan peran sejarah
10. (C6 – Mencipta)
Berdasarkan pemikiran tokoh-tokoh sosiologi tentang solidaritas dan perubahan sosial, tindakan kreatif apa yang dapat Anda lakukan bersama teman sekolah untuk berkontribusi positif bagi masyarakat sekitar?
a. Membuat program gotong royong membersihkan lingkungan
b. Membaca biografi tokoh sosiologi dunia
c. Menghafal definisi sosiologi dari berbagai sumber
d. Mengamati perilaku masyarakat tanpa terlibat
e. Membuat rangkuman sejarah perkembangan sosiologi
2 komentar:
Haloo bruhhh
Kanyut
Posting Komentar