SINTAK IV perubahan sosial Jenis penemuan baru


Sintaks Model Pembelajaran Collaborative Learning dengan Ice Breaking

1. Pendahuluan (10 menit)

  • Kegiatan Awal:
    • Guru membuka kelas dengan menyapa siswa dan mengecek kehadiran.
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu memahami perbedaan antara discovery dan invention.
    • Guru memberikan pengantar singkat tentang konsep discovery dan invention dengan memberikan beberapa contoh.

2. Ice Breaking: Memory Chain (10 menit)

  • Memory Chain:
    • Guru memulai ice breaking dengan permainan Memory Chain mengulang materi sebelumnya.
    • Cara bermain:
      1. Siswa pertama menyebutkan satu kata yang berkaitan dengan topik "penemuan", misalnya "telepon".
      2. Siswa kedua mengulangi kata pertama dan menambahkan kata baru yang berkaitan, seperti "telepon, Alexander Graham Bell".
      3. Permainan berlanjut hingga semua siswa mendapatkan giliran.
    • Permainan ini bertujuan untuk melatih memori dan konsentrasi siswa serta mengarahkan perhatian mereka pada topik pembelajaran.

3. Pembentukan Kelompok (5 menit)

  • Pembagian Kelompok:
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang.
    • Setiap kelompok akan diberi tugas untuk mendiskusikan dan menganalisis contoh-contoh discovery dan invention.

4. Fase Diskusi Kelompok (30 menit)

  • Kegiatan Diskusi:
    • Guru memberikan setiap kelompok sebuah kartu berisi contoh penemuan (misalnya, hukum gravitasi, struktur DNA, lampu listrik, telepon).
    • Setiap kelompok diminta untuk:
      1. Mengidentifikasi apakah contoh tersebut termasuk discovery atau invention.
      2. Menjelaskan alasan mengapa penemuan tersebut dikategorikan sebagai discovery atau invention.
      3. Menggambarkan dampak penemuan tersebut pada masyarakat atau ilmu pengetahuan.

5. Presentasi Hasil Diskusi (20 menit)

  • Presentasi Kelompok:
    • Perwakilan dari setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
    • Kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan terkait presentasi yang diberikan.

6. Diskusi Kelas (15 menit)

  • Diskusi Bersama:
    • Guru memfasilitasi diskusi kelas berdasarkan presentasi yang telah dilakukan.
    • Guru memperkuat pemahaman siswa dengan memberikan klarifikasi tambahan jika diperlukan dan menjelaskan lebih lanjut mengenai hubungan antara discovery dan invention.

7. Penutup (10 menit)

  • Refleksi:
    • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari tentang discovery dan invention.
    • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan kesan atau pertanyaan mereka.
    • Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menekankan pentingnya kedua jenis penemuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Guru memberikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi ini, seperti meneliti penemuan lain dan menentukan apakah penemuan tersebut merupakan discovery atau invention.

0 komentar: