Sintaks Model Pembelajaran Collaborative Learning dengan Ice Breaking
1. Pendahuluan (10 menit)
- Kegiatan Awal:
- Guru membuka kelas dengan menyapa siswa dan mengecek kehadiran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu memahami perbedaan antara discovery dan invention.
- Guru memberikan pengantar singkat tentang konsep discovery dan invention dengan memberikan beberapa contoh.
- Kegiatan Awal:
- Guru membuka kelas dengan menyapa siswa dan mengecek kehadiran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, yaitu memahami perbedaan antara discovery dan invention.
- Guru memberikan pengantar singkat tentang konsep discovery dan invention dengan memberikan beberapa contoh.
2. Ice Breaking: Memory Chain (10 menit)
- Memory Chain:
- Guru memulai ice breaking dengan permainan Memory Chain mengulang materi sebelumnya.
- Cara bermain:
- Siswa pertama menyebutkan satu kata yang berkaitan dengan topik "penemuan", misalnya "telepon".
- Siswa kedua mengulangi kata pertama dan menambahkan kata baru yang berkaitan, seperti "telepon, Alexander Graham Bell".
- Permainan berlanjut hingga semua siswa mendapatkan giliran.
- Permainan ini bertujuan untuk melatih memori dan konsentrasi siswa serta mengarahkan perhatian mereka pada topik pembelajaran.
- Memory Chain:
- Guru memulai ice breaking dengan permainan Memory Chain mengulang materi sebelumnya.
- Cara bermain:
- Siswa pertama menyebutkan satu kata yang berkaitan dengan topik "penemuan", misalnya "telepon".
- Siswa kedua mengulangi kata pertama dan menambahkan kata baru yang berkaitan, seperti "telepon, Alexander Graham Bell".
- Permainan berlanjut hingga semua siswa mendapatkan giliran.
- Permainan ini bertujuan untuk melatih memori dan konsentrasi siswa serta mengarahkan perhatian mereka pada topik pembelajaran.
3. Pembentukan Kelompok (5 menit)
- Pembagian Kelompok:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang.
- Setiap kelompok akan diberi tugas untuk mendiskusikan dan menganalisis contoh-contoh discovery dan invention.
- Pembagian Kelompok:
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang.
- Setiap kelompok akan diberi tugas untuk mendiskusikan dan menganalisis contoh-contoh discovery dan invention.
4. Fase Diskusi Kelompok (30 menit)
- Kegiatan Diskusi:
- Guru memberikan setiap kelompok sebuah kartu berisi contoh penemuan (misalnya, hukum gravitasi, struktur DNA, lampu listrik, telepon).
- Setiap kelompok diminta untuk:
- Mengidentifikasi apakah contoh tersebut termasuk discovery atau invention.
- Menjelaskan alasan mengapa penemuan tersebut dikategorikan sebagai discovery atau invention.
- Menggambarkan dampak penemuan tersebut pada masyarakat atau ilmu pengetahuan.
- Kegiatan Diskusi:
- Guru memberikan setiap kelompok sebuah kartu berisi contoh penemuan (misalnya, hukum gravitasi, struktur DNA, lampu listrik, telepon).
- Setiap kelompok diminta untuk:
- Mengidentifikasi apakah contoh tersebut termasuk discovery atau invention.
- Menjelaskan alasan mengapa penemuan tersebut dikategorikan sebagai discovery atau invention.
- Menggambarkan dampak penemuan tersebut pada masyarakat atau ilmu pengetahuan.
5. Presentasi Hasil Diskusi (20 menit)
- Presentasi Kelompok:
- Perwakilan dari setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
- Kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan terkait presentasi yang diberikan.
- Presentasi Kelompok:
- Perwakilan dari setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
- Kelompok lain diminta untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan terkait presentasi yang diberikan.
6. Diskusi Kelas (15 menit)
- Diskusi Bersama:
- Guru memfasilitasi diskusi kelas berdasarkan presentasi yang telah dilakukan.
- Guru memperkuat pemahaman siswa dengan memberikan klarifikasi tambahan jika diperlukan dan menjelaskan lebih lanjut mengenai hubungan antara discovery dan invention.
- Diskusi Bersama:
- Guru memfasilitasi diskusi kelas berdasarkan presentasi yang telah dilakukan.
- Guru memperkuat pemahaman siswa dengan memberikan klarifikasi tambahan jika diperlukan dan menjelaskan lebih lanjut mengenai hubungan antara discovery dan invention.
7. Penutup (10 menit)
- Refleksi:
- Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari tentang discovery dan invention.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan kesan atau pertanyaan mereka.
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menekankan pentingnya kedua jenis penemuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Guru memberikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi ini, seperti meneliti penemuan lain dan menentukan apakah penemuan tersebut merupakan discovery atau invention.
- Refleksi:
- Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari tentang discovery dan invention.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan kesan atau pertanyaan mereka.
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini dengan menekankan pentingnya kedua jenis penemuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Guru memberikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi ini, seperti meneliti penemuan lain dan menentukan apakah penemuan tersebut merupakan discovery atau invention.
0 komentar:
Posting Komentar