SINTAK DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT
1. Pembagian Pasangan:
- Guru membagi siswa menjadi
pasangan.
2. Ice Breaking:
- Sebelum memulai
pembelajaran, guru mengadakan sesi ice breaking untuk mencairkan suasana
dan mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam pasangan.
- Contoh Ice Breaking: "Mencari
Persamaan"
- Setiap pasangan siswa
berdiskusi selama 5 menit untuk menemukan tiga kesamaan di antara mereka.
Kesamaan ini bisa berupa hobi, makanan favorit, film favorit, atau
kegiatan yang mereka sukai. Setelah itu, mereka berbagi dengan kelas.
3. Pembagian Materi:
- Guru membagikan teks tentang
dasar pembentukan kelompok sosial kepada setiap siswa untuk dibaca dan
diringkas. Materi yang dibagikan meliputi:
- Faktor Kepentingan yang
Sama
- Faktor Darah atau Keturunan
yang Sama (Genealogis)
- Faktor Geografis
(Berdasarkan Wilayah Tempat Tinggal Saat Ini dan Berdasarkan Wilayah
Asal)
- Kesamaan Keyakinan atau
Agama dan Ideologi
- Dua Hasrat Manusia yang
Mendorongnya Berkelompok
4. Penetapan Peran:
- Guru dan siswa menetapkan
siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan
sebagai pendengar.
5. Pembicara Membacakan
Ringkasan:
- Pembicara membacakan
ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam
ringkasannya.
- Sementara itu, pendengar:
- Menyimak, mengoreksi, dan menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap.
- Membantu mengingat atau
menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi yang sedang dibahas
dengan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
6. Bertukar Peran:
- Setelah selesai, mereka
bertukar peran; pendengar menjadi pembicara dan sebaliknya, dan mereka
mengulangi proses di atas.
7. Presentasi Catatan Siswa
dengan Game:
- Guru mengadakan permainan
untuk memilih siswa yang akan mempresentasikan ringkasan mereka ke depan
kelas.
- Contoh Game: "MENGUNDI SETIAP
JAJARAN" ATAU MENGADAKAN PERMAINAN
- Guru memiliki roda berputar
(bisa berupa aplikasi atau roda fisik) dengan nama semua siswa. Roda
diputar, dan nama yang terpilih akan maju untuk mempresentasikan
ringkasan mereka.
- Siswa yang terpilih maju ke
depan kelas dan mempresentasikan catatan mereka secara singkat.
8. Kesimpulan Bersama:
- Siswa bersama-sama dengan
guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
9. Penutup:
- Guru menutup sesi
pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk tanya jawab dan memberikan
tugas terkait materi yang telah dipelajari.
0 komentar:
Posting Komentar