SINTAK II KELOMPOK SOSIAL (CIRI-CIRI KELOMPOK, DASAR PEMBENTUK KELOMPOK, HASRAT INDIVIDU BERKELOMPOK)

SINTAK DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT

1.      Pembagian Pasangan:

  • Guru membagi siswa menjadi pasangan.

2.      Ice Breaking:

  • Sebelum memulai pembelajaran, guru mengadakan sesi ice breaking untuk mencairkan suasana dan mempersiapkan siswa untuk bekerja dalam pasangan.
  • Contoh Ice Breaking: "Mencari Persamaan"
    • Setiap pasangan siswa berdiskusi selama 5 menit untuk menemukan tiga kesamaan di antara mereka. Kesamaan ini bisa berupa hobi, makanan favorit, film favorit, atau kegiatan yang mereka sukai. Setelah itu, mereka berbagi dengan kelas.

3.      Pembagian Materi:

  • Guru membagikan teks tentang dasar pembentukan kelompok sosial kepada setiap siswa untuk dibaca dan diringkas. Materi yang dibagikan meliputi:
    • Faktor Kepentingan yang Sama
    • Faktor Darah atau Keturunan yang Sama (Genealogis)
    • Faktor Geografis (Berdasarkan Wilayah Tempat Tinggal Saat Ini dan Berdasarkan Wilayah Asal)
    • Kesamaan Keyakinan atau Agama dan Ideologi
    • Dua Hasrat Manusia yang Mendorongnya Berkelompok

4.      Penetapan Peran:

  • Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.

5.      Pembicara Membacakan Ringkasan:

  • Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
  • Sementara itu, pendengar:
    • Menyimak, mengoreksi, dan menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
    • Membantu mengingat atau menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi yang sedang dibahas dengan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.

6.      Bertukar Peran:

  • Setelah selesai, mereka bertukar peran; pendengar menjadi pembicara dan sebaliknya, dan mereka mengulangi proses di atas.

7.      Presentasi Catatan Siswa dengan Game:

  • Guru mengadakan permainan untuk memilih siswa yang akan mempresentasikan ringkasan mereka ke depan kelas.
  • Contoh Game: "MENGUNDI SETIAP JAJARAN" ATAU MENGADAKAN PERMAINAN
    • Guru memiliki roda berputar (bisa berupa aplikasi atau roda fisik) dengan nama semua siswa. Roda diputar, dan nama yang terpilih akan maju untuk mempresentasikan ringkasan mereka.
  • Siswa yang terpilih maju ke depan kelas dan mempresentasikan catatan mereka secara singkat.

8.      Kesimpulan Bersama:

  • Siswa bersama-sama dengan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

9.      Penutup:

  • Guru menutup sesi pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk tanya jawab dan memberikan tugas terkait materi yang telah dipelajari.

0 komentar: