Sintaks Model Jigsaw
1. Persiapan 10 menit
- Pembentukan Kelompok Asal: Bagi siswa menjadi kelompok asal yang terdiri dari 5-6 siswa.
- Pembagian Materi: Tentukan enam tokoh sosiologi yang akan dipelajari: Selo Soemardjan, Kingsley Davis, Mac Iver, William F. Ogburn, Talcot Parson, Karl Marx. Setiap siswa dalam kelompok asal akan mendapatkan satu tokoh untuk dipelajari.
2. Pembelajaran Individu 10 menit
- Penugasan Mandiri: Memberikan waktu kepada setiap siswa untuk mempelajari materi I perubahan sosial mengenai tokoh yang telah ditugaskan. Mereka harus memahami definisi dan pandangan tokoh tersebut tentang perubahan sosial
- Selo Soemardjan: Perubahan pada lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem sosial.
- Kingsley Davis: Perubahan dalam struktur dan fungsi masyarakat.
- Mac Iver: Perubahan dalam interaksi sosial dan keseimbangan hubungan sosial.
- William F. Ogburn: Perubahan dalam unsur-unsur kebudayaan, baik material maupun non-material.
- Talcot Parson:
- Karl Marx
3. Pembentukan Kelompok Ahli 20 menit
- Kelompok Ahli: Setelah mempelajari materi secara individu, bentuk kelompok ahli yang terdiri dari siswa yang mempelajari tokoh yang sama. Misalnya, semua siswa yang mempelajari Selo Soemardjan akan berkumpul bersama.
- Diskusi Kelompok Ahli: Siswa dalam kelompok ahli mendiskusikan pemahaman mereka tentang tokoh tersebut dan mempersiapkan cara terbaik untuk mengajarkan materi ini kepada kelompok asal mereka. untuk memudahkan diskusi (lihat kolom LKPD) untuk diisi.
4. Pembelajaran Kelompok Asal 20 menit
- Kembali ke Kelompok Asal: Siswa kembali ke kelompok asal mereka.
- Presentasi Kelompok Asal: Setiap siswa mengajarkan kepada anggota kelompok asal mereka tentang tokoh yang mereka pelajari. Mereka menjelaskan pandangan tokoh tersebut tentang perubahan sosial, memberikan contoh, dan menjawab pertanyaan dari anggota kelompok lainnya. (kolom LKPD harus terisi semua)
5. Diskusi dan Integrasi 15 menit
- Diskusi Kelompok: Setelah semua anggota kelompok asal selesai mempresentasikan, kelompok asal mendiskusikan perbandingan dan kontras antara pandangan tokoh-tokoh tersebut.
- Pengintegrasian Pengetahuan: Siswa bekerja sama untuk mengintegrasikan informasi yang telah mereka pelajari dan membuat kesimpulan bersama tentang konsep perubahan sosial secara keseluruhan.
6. Penilaian15 menit
- Evaluasi Individu: B erikan tugas atau kuis individu untuk menilai pemahaman setiap siswa tentang pandangan semua tokoh sosiologi yang telah dibahas.
- Penilaian Kelompok: Evaluasi juga bisa dilakukan berdasarkan partisipasi dan kontribusi dalam kelompok asal dan kelompok ahli.
7. Refleksi
- Refleksi Kelas: Akhiri dengan sesi refleksi kelas di mana siswa berbagi apa yang mereka pelajari, bagaimana mereka belajar, dan bagaimana metode Jigsaw membantu mereka memahami materi lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar