Sintak Pembelajaran Sosiologi (Durasi: 120 Menit/3 JP)
I. Pendahuluan (10 Menit)
- Salam
Pembuka dan Perkenalan (5 Menit)
- Perkenalan
singkat dan tujuan pembelajaran.
- Ice
Breaking (5 Menit)
- Permainan
"Sambung Kata": Setiap siswa menyebutkan satu kata terkait
sosiologi secara bergantian.
II. Diskusi Kelompok (30 Menit)
- Pembagian
Kelompok (5 Menit)
- Berdasarkan
jumlah pendapat tokoh yang akan dikaji (Comte, Durkheim, Weber, Sorokin).
(4-5 orang per kelompok).
- Diskusi
Definisi Sosiologi (25 Menit)
- Setiap
kelompok menerima satu definisi dari tokoh sosiologi (Comte, Durkheim,
Weber, Sorokin).
- Setiap
kelompok mencatat definisi sosiologi menurut tokohnya masing-masing.
- Setiap
kelompok menyiapkan minimal satu pertanyaan untuk kelompok lain sesuai
dengan tokoh yang dikajinya.
- Diskusi
Kelas
- Setiap
perwakilan kelompok menuliskan dan membacakan pengertian sosiologi
menurut tokohnya masing-masing di depan kelas.
- Setiap
kelompok diberikan kesempatan bertanya kepada kelompok yang berada di
depan kelas.
- Guru
memberikan kesimpulan pada setiap sesi kelompok selesai.
III. Ice Breaking (5 Menit)
- Permainan
"Tebak Kata"
- Guru
menyiapkan kartu dengan kata-kata terkait sosiologi.
- Siswa
secara bergantian menarik kartu dan menjelaskan kata tersebut tanpa
menyebutkan kata itu sendiri, sementara siswa lainnya menebak.
IV. Kegiatan LKPD (40 Menit)
- Pengerjaan
LKPD Isian Singkat (10 Menit)
- Guru
membacakan 5 soal isian singkat dan lima soal benar salah.
- Setiap
siswa menjawabnya secara langsung.
- Siswa
perwakilan kelompok menuliskan jawabannya di papan tulis dan dikoreksi
oleh guru.
- Kelompok
dengan jawaban paling banyak benarnya dikasih penghargaan.
- Ice
Breaking (5 Menit)
- Permainan
"Lanjutkan Cerita"
- Guru
memulai dengan kalimat yang berhubungan dengan sosiologi.
- Setiap
siswa menambahkan satu kalimat untuk melanjutkan cerita tersebut.
- Pengerjaan
LKPD PG (30 Menit)
- Siswa
menjawab pertanyaan soal PG di buku tulis mereka.
- Guru
bersama siswa memeriksa hasil pekerjaan siswa secara bersama-sama.
- Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya pada hari itu.
V. Penutup (10 Menit)
- Refleksi
(5 Menit)
- Ajak
siswa berbagi satu hal baru yang mereka pelajari hari ini.
- Salam
Penutup (5 Menit)
- Ucapkan
terima kasih atas partisipasi dan dorong siswa untuk menerapkan pemahaman
sosiologi dalam kehidupan sehari-hari.
0 komentar:
Posting Komentar