LKPD IV FAKTOR PENDDORONG INTERAKSI

1. Kepatuhan Amin untuk minum obat sesuai anjuran yang disarankan oleh dokter Ana adalah bentuk hubungan sosial yang terjadi antara dokter dengan pasien. Faktor yang mendorong terjadinya hubungan sosial adalah ... (pendorong interaksi)
A. Motivasi
B. Sugesti
C. Imitasi
D. Simpati
E. Identifikasi

2. ketika terjadi bencana alam, banyak kelompok masyarakat yang memberikan bantuan kepada para korban bencana. Hubungan ini dipengaruhi oleh faktor ... (pendorong interaksi)
A. sugesti
B. motivasi
C. imitasi
D. simpati
E. empati

3. Tindakan atau perilaku seorang anak remaja yang berusaha untuk membuat dirinya mirip dengan bintang atau tokoh idolanya, baik dari cara berpakaian, model rambut, perilaku hingga gaya hidup didasari oleh faktor …(pendorong interaksi)
A. sugesti
B. simpati
C. imitasi
D. empati
E. identifikasi

4. Peniruan sempurna disebut juga ... (pendorong interaksi)
A. Imitasi
B. Sugesti
C. Identifikasi
D. Motivasi
E. Empati


5.

Pasangan yang tepat antara faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan contohnya pada tebel di atas ditunjukkan oleh kombinasi …(pendorong interaksi)
A. X1 dan Y2
B. X1 dan Y3
C. X2 dan Y2
D. X2 dan Y1
E. X3 dan Y3

6. Saat ini, dengan mudah kita bisa menemui kalangan remaja banyak menggunakan kata-kata seperti oppa-panggilan adik perempuan untuk kakak laki-laki, omo-ungkapan kasihan atau kekagetan yang biasa diucapkan oleh orang Korea, gomawo-ucapan terimakasih kepada sesama teman, ataupun annyeonghaseyo-sapaan seperti halo atau hai. Sikap remaja tersebut didorong oleh faktor.… (pendorong interaksi)
A. Imitasi
B. Identifikasi
C. Simpati
D. Empati
E. Sugesti

7. Akbar sangat mengidolakan ayahnya. Ayahnya adalah seorang dokter yang sangat terkenal. Semenjak kecil, ia meniru hampir semua tindakan yang dilakukan oleh Ayahnya. Ia selalu memperhatikan ayahnya yang berbicara dengan santun dan lembut pada pasiennya. Selain itu, Ayahnya juga pandai mengaji dan hafidz quran. Akbar ingin seperti ayahnya sehingga ia selalui giat belajar. Setiap nasehat yang diberikan ayahnya, selalu Akbar terima tanpa kritik. Cerita di atas menggambarkan berbagai factor yang mempengaruhi interaksi sosial Akbar diantaranya adalah .... (pendorong interaksi)
A. Imitasi, sensasi, empati, sugesti
B. Imitasi, simpati, sugesti, motivasi
C. Imitasi, identifikasi, sugesti, empati
D. Imitasi, identifikasi, motivasi, sugesti
E. Imitasi, simpati, empati, motivasi

8. Perbedaan antara motivasi dengan sugsti adalah …
A. motivasi penerimaan sadar
B. sugesti penerimaan sadar
C. sugesti penerimaan rasional
D. motivasi penerimaan irasional
E. sugesti penerimaan rasional

9. Sosiologi mempelajari hubungan antara individu dengan masyarakat. Salah satu konsep penting adalah imitasi, di mana seseorang meniru perilaku orang lain. Namun, imitasi dapat berdampak negatif jika dilakukan tanpa pertimbangan.
Manakah dari pernyataan berikut yang menunjukkan contoh imitasi yang dapat menimbulkan konflik sosial dalam masyarakat?
A. Seorang anak meniru cara berpakaian idolanya yang sesuai dengan norma setempat.
B. Seorang remaja meniru gaya hidup konsumtif temannya, meski melanggar kemampuan ekonominya.
C. Seorang siswa meniru cara belajar temannya yang efektif untuk meningkatkan prestasi.
D. Seorang warga desa meniru praktik bercocok tanam modern dengan hasil panen yang lebih baik
E. .Seorang karyawan meniru rekan kerja yang disiplin agar diterima oleh tim kerja.

10. Dalam interaksi sosial, simpati dan empati memiliki perbedaan mendasar, terutama dalam intensitas dan tindak lanjutnya. Jika seorang siswa mengetahui temannya kesulitan belajar dan memberikan bantuan langsung berupa les privat, maka tindakan tersebut mencerminkan empati.
Jika Anda menjadi teman tersebut, tindakan apa yang paling efektif untuk meningkatkan empati di kelas?
A. Menyebarkan informasi tentang kesulitan belajar siswa kepada guru.
B. Mengajak teman-teman lain untuk membantu tanpa penjelasan mendalam.
C. Berdiskusi dengan siswa yang kesulitan untuk memahami kebutuhannya dan mencarikan solusi               bersama.
D. Meminta teman lain untuk memberikan motivasi kepada siswa tersebut.
E. Membiarkan siswa tersebut menyelesaikan masalahnya sendiri agar belajar mandiri.


0 komentar: