1. Individu memiliki karakteristik yang membedakannya dari individu lain. Salah satu komponen yang membedakan individu dari segi jasad disebut sebagai …
a. Rasa
b. Rukun
c. Rasio
d. Raga
e. Naluri
2. Menurut Anwar & Adang (2013), akal pikiran yang digunakan manusia untuk mengembangkan diri disebut:
a. Rasa
b. Rukun
c. Rasio
d. Raga
e. Emosi
3. Komponen individu yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk hidup berdampingan secara harmonis dalam masyarakat disebut:
a. Rasa
b. Rukun
c. Rasio
d. Raga
e. Hukum
4. Mengapa meskipun kembar identik, setiap manusia tetap dianggap sebagai individu yang unik?
a. Karena setiap individu memiliki ciri fisik yang sama
b. Karena setiap individu memiliki komponen rasa dan rasio yang berbeda
c. Karena mereka hidup dalam lingkungan sosial yang sama
d. Karena raga manusia selalu berubah
e. Karena manusia dapat bersosialisasi secara harmonis
5. Komponen "rukun" dalam konsep individu menurut Anwar & Adang (2013) merujuk pada ...
a. Keindahan perasaan yang dimiliki setiap manusia
b. Kemampuan individu untuk berpikir secara rasional
c. Interaksi sosial yang harmonis antara manusia
d. Perkembangan fisik manusia
e. Hubungan antara manusia dan alam sekitar
6. Individu berasal dari bahasa latin, yaitu individuum yang artinya ... (individu)
a. Satu
b. Pribadi
c. Tidak terbagi
d. Kesatuan
e. Berdiri sendiri
7. Tahap pembentukan diri menurut George Herbert Mead, di mana anak mulai memahami peran orang lain melalui bermain peran, disebut sebagai tahap?
a. Preparatory stage
b. Game stage
c. Play stage
d. Generalized other stage
e. Developmental stage
8. Pada tahap apa seorang anak mulai meniru perilaku orang lain tanpa memahami maknanya, menurut George Herbert Mead?
a. Play stage
b. Game stage
c. Preparatory stage
d. Generalized other stage
e. Social stage
9. Mengapa tahapan "game stage" dalam teori George Herbert Mead dianggap lebih kompleks dibandingkan dengan "play stage"?
a. Karena anak mulai memahami cara meniru perilaku orang lain
b. Karena anak mulai berinteraksi dengan orang di luar keluarganya
c. Karena anak harus memahami aturan sosial dan peran yang saling berkaitan secara bersamaan
d. Karena anak mulai belajar berbicara dan memahami simbol-simbol
e. Karena anak hanya fokus pada satu peran saja
10. Ketika seorang individu mampu memahami norma dan nilai yang berlaku di masyarakat secara umum, ia telah mencapai tahap pembentukan diri yang disebut
a. Game stage
b. Preparatory stage
c. Generalized other stage
d. Play stage
e. Social learning stage
LKPD I PEMBENTUKAN IDENTITAS INDIVIDU
Langganan:
Postingan (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar