Esai
1. Siswa dibagi ke dalam kelompok
2. Masing-masing kelompok membuat pedoman wawacara dan angket.
3. Masing-masing kelompok menjadi pewawancara dan narasumber bagi kelompok lain
4. Sampaikan hasil wawancara secara lisan di depan kelas (singkat saja).
PG
1. Apa yang dimaksud dengan pengumpulan data dalam penelitian sosiologi?
a. Proses merumuskan masalah sosial
b. Proses menulis laporan penelitian
c. Proses menyusun teori sosial
d. Proses mengumpulkan informasi dari sumber tertentu untuk menjawab pertanyaan penelitian
e. Proses membandingkan hasil penelitian sebelumnya
2. Seorang peneliti mengamati perilaku siswa di perpustakaan tanpa ikut campur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah...
a. Wawancara
b. Observasi
c. Studi dokumen
d. Eksperimen
e. Kuesioner
3. Kelebihan dari teknik wawancara adalah...
a. Menghemat waktu dan biaya
b. Memberikan data yang bersifat objektif
c. Menghasilkan data yang mendalam dan fleksibel
d. Tidak memerlukan keterampilan komunikasi
e. Tidak membutuhkan pertemuan langsung
4. Teknik kuesioner cocok digunakan apabila peneliti ingin...
a. Mendapatkan data secara mendalam
b. Mewawancarai tokoh masyarakat secara langsung
c. Mengumpulkan data tertulis dari arsip
d. Menyebarkan pertanyaan ke banyak responden secara cepat
e. Melakukan pengamatan lapangan secara langsung
5. Berikut ini adalah kekurangan dari teknik studi dokumen, kecuali...
a. Data mungkin tidak sesuai kebutuhan
b. Data tidak selalu akurat
c. Butuh keterampilan mengolah data tertulis
d. Data bisa langsung digunakan
e. Informasi terbatas pada dokumen yang tersedia
Seorang siswa kelas X SMAN 25 melakukan proyek penelitian kecil tentang kebiasaan belajar teman-teman sekelasnya. Ia menggunakan angket untuk menyebarkan pertanyaan tertulis, mewawancarai dua orang teman secara mendalam, mengamati kegiatan belajar di perpustakaan sekolah, dan memeriksa laporan nilai ujian semester sebelumnya. Setelah mengumpulkan data, ia menyadari bahwa masing-masing teknik memiliki kelebihan dan kekurangan.
6. Berdasarkan wacana, teknik pengumpulan data yang paling tepat untuk menjangkau banyak responden dalam waktu singkat adalah...
a. Wawancara
b. Observasi
c. Kuesioner
d. Studi dokumen
e. Eksperimen
7. Jika siswa SMAN 25 ingin mengetahui alasan mendalam di balik kebiasaan belajar, teknik yang paling sesuai digunakan adalah...
a. Observasi
b. Studi dokumen
c. Kuesioner
d. Wawancara
e. Survei daring
8. Mengapa penggunaan observasi dalam penelitian siswa tersebut dinilai objektif, namun memerlukan waktu dan ketelitian tinggi?
a. Karena dilakukan di ruang tertutup
b. Karena peneliti ikut terlibat langsung
c. Karena tidak melibatkan emosi peneliti
d. Karena data diperoleh tanpa intervensi langsung
e. Karena hanya menggunakan data kuantitatif
9. Bagaimana dampak penggunaan studi dokumen terhadap keakuratan data dalam penelitian siswa SMAN 25 tersebut?
a. Data selalu terbaru
b. Data disesuaikan langsung oleh peneliti
c. Data tidak memerlukan proses interpretasi
d. Data dapat saja tidak relevan dengan topik penelitian
e. Data menjamin kebenaran mutlak
10. Jika siswa SMAN 25 hanya menggunakan kuesioner dalam penelitiannya, kemungkinan masalah yang akan muncul adalah...
a. Data menjadi sangat subjektif
b. Tidak ada data kuantitatif yang bisa dihitung
c. Jawaban responden bisa tidak jujur atau tergesa-gesa
d. Tidak bisa mengamati kebiasaan belajar secara langsung
e. Waktu yang dibutuhkan sangat lama
0 komentar:
Posting Komentar