LKPD 3: Langkah-Langkah Penelitian Sosial

LKPD Esai 

Pilihlah 1 (Satu) fenomena sosial di lingkungan sekolah, lalu isilah tabel berikut:

Langkah Penelitian

Jawaban

Topik

……………………………………………………………………………………

Rumusan Masalah

……………………………………………………………………………………

Tujuan Penelitian

……………………………………………………………………………………

Variabel (bila ada)

……………………………………………………………………………………

Hipotesis (bila ada)

……………………………………………………………………………………



LKPD PG

  1. Dalam menentukan topik penelitian, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah topik tersebut harus bisa diteliti. Artinya, peneliti harus memperhatikan hal berikut, kecuali...
  2. a. Penguasaan teori yang mendasari masalah
    b. Ketersediaan waktu, tenaga, dan dana
    c. Ketersediaan data yang dapat diperoleh
    d. Kesamaan topik dengan penelitian orang lain
    e. Manfaat hasil penelitian
  3. Studi pendahuluan dalam penelitian bertujuan untuk...
  4. a. Menentukan besarnya dana penelitian
    b. Mengubah tujuan penelitian
    c. Memperoleh gambaran awal tentang masalah yang akan diteliti
    d. Menentukan hasil penelitian sebelum melakukan penelitian
    e. Menyusun laporan hasil penelitian
  5. Berikut ini merupakan contoh rumusan masalah dalam penelitian, yaitu...
  6. a. "Pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial remaja"
    b. "Untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial remaja"
    c. "Seberapa besar penggunaan media sosial di kalangan remaja?"
    d. "Media sosial sangat mempengaruhi kehidupan remaja"
    e. "Remaja sekarang lebih aktif di media sosial daripada di lingkungan nyata"
  7. Variabel dalam penelitian adalah sesuatu yang dapat diukur atau diamati. Berikut yang merupakan contoh variabel terikat adalah...
  8. a. Durasi penggunaan gadget
    b. Konsentrasi belajar siswa
    c. Frekuensi bermain media sosial
    d. Jumlah aplikasi yang diunduh
    e. Waktu luang siswa
  9. Pernyataan berikut ini merupakan contoh hipotesis dalam penelitian, yaitu...
  10. a. "Siswa sering membawa gadget ke sekolah"
    b. "Mengapa siswa suka bermain gadget saat belajar?"
    c. "Semakin lama penggunaan gadget, semakin rendah konsentrasi belajar siswa"
    d. "Pengaruh gadget terhadap kegiatan belajar mengajar"
    e. "Perilaku siswa dalam menggunakan gadget"
  11. Seorang siswa hendak meneliti tentang perilaku penggunaan media sosial di kalangan remaja. Apa langkah pertama yang paling tepat dilakukan agar penelitiannya berjalan sistematis?
  12. a. Mengolah data hasil wawancara
    b. Menentukan topik yang sesuai dengan minatnya
    c. Membuat kesimpulan dari penelitian
    d. Melaksanakan uji validitas instrumen
    e. Menyusun laporan akhir penelitian
  13. Perhatikan pernyataan berikut:
  14. (1) Waktu penelitian mencukupi
    (2) Dana tersedia dengan cukup
    (3) Topik sudah pernah diteliti orang lain
    (4) Peneliti memahami teori yang relevan
    (5) Data sulit diperoleh
    Manakah kombinasi yang menunjukkan kriteria topik yang layak diteliti?
    a. (1), (2), dan (5)
    b. (1), (2), dan (4)
    c. (1), (3), dan (5)
    d. (2), (4), dan (5)
    e. (3), (4), dan (5)
  15. Dalam penelitian sosiologi kuantitatif, mengapa penting untuk menentukan variabel penelitian secara jelas sejak awal?
  16. a. Agar mempercepat pembuatan laporan penelitian
    b. Supaya peneliti lebih mudah mendapatkan sponsor penelitian
    c. Untuk memudahkan pengukuran dan analisis hubungan antar konsep
    d. Agar penelitian menjadi lebih menarik bagi pembaca
    e. Supaya peneliti dapat langsung membuat kesimpulan
  17. Seseorang mengajukan hipotesis: "Semakin sering menggunakan gadget, semakin rendah konsentrasi siswa saat belajar." Berdasarkan hipotesis tersebut, apa variabel bebasnya?
  18. a. Konsentrasi belajar siswa
    b. Prestasi akademik siswa
    c. Tingkat penggunaan gadget
    d. Motivasi belajar siswa
    e. Jenis gadget yang digunakan siswa
  19. Seorang peneliti ingin mengetahui alasan siswa lebih memilih menggunakan gadget saat belajar. Apa bentuk perumusan masalah yang tepat berdasarkan langkah-langkah penelitian?
  20. a. Bagaimana cara siswa menggunakan gadget dalam pembelajaran?
    b. Apa dampak negatif gadget bagi siswa?
    c. Mengapa siswa lebih memilih menggunakan gadget saat belajar?
    d. Siapa saja siswa yang menggunakan gadget di sekolah?
    e. Seberapa banyak siswa yang menggunakan gadget untuk bermain game?

0 komentar: