LKPD Esai
Pilihlah 1 (Satu) fenomena sosial di lingkungan
sekolah, lalu isilah tabel berikut:
Langkah Penelitian |
Jawaban |
Topik |
…………………………………………………………………………………… |
Rumusan Masalah |
…………………………………………………………………………………… |
Tujuan Penelitian |
…………………………………………………………………………………… |
Variabel (bila ada) |
…………………………………………………………………………………… |
Hipotesis (bila ada) |
…………………………………………………………………………………… |
LKPD PG
- Dalam menentukan topik penelitian, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah topik tersebut harus bisa diteliti. Artinya, peneliti harus memperhatikan hal berikut, kecuali... a. Penguasaan teori yang mendasari masalah
- Studi pendahuluan dalam penelitian bertujuan untuk... a. Menentukan besarnya dana penelitian
- Berikut ini merupakan contoh rumusan masalah dalam penelitian, yaitu... a. "Pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial remaja"
- Variabel dalam penelitian adalah sesuatu yang dapat diukur atau diamati. Berikut yang merupakan contoh variabel terikat adalah... a. Durasi penggunaan gadget
- Pernyataan berikut ini merupakan contoh hipotesis dalam penelitian, yaitu... a. "Siswa sering membawa gadget ke sekolah"
- Seorang siswa hendak meneliti tentang perilaku penggunaan media sosial di kalangan remaja. Apa langkah pertama yang paling tepat dilakukan agar penelitiannya berjalan sistematis? a. Mengolah data hasil wawancara
- Perhatikan pernyataan berikut: (1) Waktu penelitian mencukupi
- Dalam penelitian sosiologi kuantitatif, mengapa penting untuk menentukan variabel penelitian secara jelas sejak awal? a. Agar mempercepat pembuatan laporan penelitian
- Seseorang mengajukan hipotesis: "Semakin sering menggunakan gadget, semakin rendah konsentrasi siswa saat belajar." Berdasarkan hipotesis tersebut, apa variabel bebasnya? a. Konsentrasi belajar siswa
- Seorang peneliti ingin mengetahui alasan siswa lebih memilih menggunakan gadget saat belajar. Apa bentuk perumusan masalah yang tepat berdasarkan langkah-langkah penelitian? a. Bagaimana cara siswa menggunakan gadget dalam pembelajaran?
b. Ketersediaan waktu, tenaga, dan dana
c. Ketersediaan data yang dapat diperoleh
d. Kesamaan topik dengan penelitian orang lain
e. Manfaat hasil penelitian
b. Mengubah tujuan penelitian
c. Memperoleh gambaran awal tentang masalah yang akan diteliti
d. Menentukan hasil penelitian sebelum melakukan penelitian
e. Menyusun laporan hasil penelitian
b. "Untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap interaksi sosial remaja"
c. "Seberapa besar penggunaan media sosial di kalangan remaja?"
d. "Media sosial sangat mempengaruhi kehidupan remaja"
e. "Remaja sekarang lebih aktif di media sosial daripada di lingkungan nyata"
b. Konsentrasi belajar siswa
c. Frekuensi bermain media sosial
d. Jumlah aplikasi yang diunduh
e. Waktu luang siswa
b. "Mengapa siswa suka bermain gadget saat belajar?"
c. "Semakin lama penggunaan gadget, semakin rendah konsentrasi belajar siswa"
d. "Pengaruh gadget terhadap kegiatan belajar mengajar"
e. "Perilaku siswa dalam menggunakan gadget"
b. Menentukan topik yang sesuai dengan minatnya
c. Membuat kesimpulan dari penelitian
d. Melaksanakan uji validitas instrumen
e. Menyusun laporan akhir penelitian
(2) Dana tersedia dengan cukup
(3) Topik sudah pernah diteliti orang lain
(4) Peneliti memahami teori yang relevan
(5) Data sulit diperoleh
Manakah kombinasi yang menunjukkan kriteria topik yang layak diteliti?
a. (1), (2), dan (5)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
b. Supaya peneliti lebih mudah mendapatkan sponsor penelitian
c. Untuk memudahkan pengukuran dan analisis hubungan antar konsep
d. Agar penelitian menjadi lebih menarik bagi pembaca
e. Supaya peneliti dapat langsung membuat kesimpulan
b. Prestasi akademik siswa
c. Tingkat penggunaan gadget
d. Motivasi belajar siswa
e. Jenis gadget yang digunakan siswa
b. Apa dampak negatif gadget bagi siswa?
c. Mengapa siswa lebih memilih menggunakan gadget saat belajar?
d. Siapa saja siswa yang menggunakan gadget di sekolah?
e. Seberapa banyak siswa yang menggunakan gadget untuk bermain game?
0 komentar:
Posting Komentar